Workshop IT Strategic Plan di Depag

henry-in-action

Hari ini saya bersama tim dari S2LC memberikan workshop tentang IT Strategic Plan di Direktorat Bimbingan Masyarakat Hindu, Departemen Agama. Rangkaian workshop  3 (tiga) hari ini dimulai pada hari senin lalu (10 Nop 2008) dengan tema revitalisasi Renstra Bimas Hindu yang disampaikan oleh bpk. Riri Satria (http://www.ririsatria.net). Pada hari kedua (atau hari ini) saya mencoba meneruskan materi yang disampaikan pak riri dengan berbicara lebih detail lagi tentang bagaimana membuat suatu rencana strategis untuk penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bimas Hindu.  Untuk metodologi perencanaan, saya coba terapkan metodologi ward and peppard yang tentunya sudah saya adjust sesuai kondisi organisasi saat ini. Pada slide2 awal, ketika masih berbicara metodologi hingga penentuan solusi sistem informasi, audiens masih terlihat sangat antusias. Pertanyaan demi pertanyaan bergulir satu per satu. Namun, ketika pembahasan sudah memasuki area-area teknis (area teknologi informasi), audiens mulai menampakkan kebingungannya. Hingga akhir sesi, ada beberapa hal (khususnya terkait terminologi IT) yang bm mereka pahami, meskipun saya sudah menggunakan metode pendekatan melalui games interaktif maupun analogi contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

tulisan-4Gambar 1. Metodologi PSSI modifikasi

Hal itu wajar saja terjadi mengingat background mereka sebagian besar bukan dari IT ataupun bidang kelimuan teknik lain. Sebagian besar mereka adalah sarjana, master maupun doktor di bidang pendidikan dan agama Hindu. Namun, saya salut dengan semangat mereka untuk mau memahami sesuatu yang baru menurut mereka, dimana kebanyakan orang (dengan background pendidikan dan lingkungan pekerjaan) seperti mereka tidak mau melakukannya. Hal ini menunjukkan kerasnya kemauan mereka untuk maju melalui upgrade ilmu pengetahuan khususnya Sistem dan Teknologi Informasi.

Pelajaran berharga yang saya dapat kan hari ini adalah :
Lebih mudah mengajarkan sesuatu yang kita sangat kuasai kepada orang lain daripada membuat orang lain mengerti tentang apa yang kita pahami, dengan metode dan cara yang efektif dan efisien.
-> Untuk Mengajarkan sesuatu yang kita kuasai, kita tidak perlu memikirkan apakah orang yang kita ajak bicara dapat mengerti atau tidak tentang apa yang kita bicarakan. Karena intinya adalah menunjukkan bahwa kita memiliki knowledge tentang hal tersebut.
-> Untuk membuat orang lain mengerti tentang apa yang kita kuasasi, selain kita menunjukkan bahwa mereka dapat mempercayai knowledge yang kita share kepada mereka berasal dari sumber yang benar-benar menguasai di bidang itu, juga bagaimana kita -dengan semua metode atau pendekatan yang digunakan- membuat audiens kita memahami sebaik kita memahami hal tersebut…

And the point is…

Lebih gampang ngajarin orang (like a teacher) daripada membuat orang mengerti apa yang kita ajarkan (like a consultant)….

Masih terus berusaha untuk belajar dan belajar lebih baik lagi….

4 Responses

  1. […] sesi hari kedua, akan diisi oleh Henry tentang perencanaan stratejik sistem informasi, dan hari ketiga oleh Sofian membahas instrumen asesmen SDM yaitu DISC […]

  2. sebuah kehormatan besar bisa satu workshop dengan pak riri satria…. I learn many things from you sir… thanks a lot..

  3. hehehe….point nya cukup berbahaya…
    Lha kalau teacher cuma ngajar trus student nya cuma kayak kebo di cucuk hidungnya… pokoke ngerti ga ngerti harus nurut apa kata teacher… bisa jadi apa ntar studentnya.
    Teacher yang bener ya yang harus bisa bikin muridnya ngerti.

  4. setuju bu dosen… hehehe….
    Tapi terkadang membuat student mengerti itu suatu tantangan tersendiri.. susah soalnya.. mungkin ibu bisa share banyak tentang ini, karena pasti sudah berpengalaman menghadapi berbagai macam tipe mahasiswa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: