Tua itu pasti, dewasa itu pilihan…

Gak terasa, beberapa waktu lagi usia saya akan bertambah tua… Seiring bertambahnya usia, sudah sewajarnya kematangan dalam berfikir dan bertindak juga bertambah…

Namun apa benar, jika tua itu pasti dewasa ? Saya teringat ucapan seorang teman di Jogja, manakala kita sedang menghadapi permasalahan yang pelik. Kala itu saya masih sangat muda dengan luapan emosi yang tak terkira… Hingga pada suatu ketika, saya hampir saja terlibat baku hantam dengan “lawan” bicara saya…. (saat itu saya menjabat pada salah satu organisasi kemahasiswaan dan saya sedang terlibat perdebatan serius dengan teman dari organisasi lain)

Setelah sampai di tempat kost, Evan -teman saya tadi- dan beberapa teman kost saya mengajak saya keluar untuk makan malam. Disana kami membahas peristiwa “pertikaian” tadi siang…

Evan : Buat apa Lo emosi gitu ? orang kayak gitu dilayani…
Saya : Lah, dia yang mulai duluan….
Evan : Terus, bukan berarti harus lo layanin kan ? tujuan dia cuma buat lo emosi, dan dia berhasil…
Saya : (terdiam sejenak..)
Evan : Hen, menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa itu pilihan…
Saya : Maksud lo ?
Evan : Tua itu masalah bertambahnya usia, gak ada yang bisa menghentikannya…
Tapi Dewasa.. itu masalah bagaimana lo belajar dari apa yang lo alami dalam hidup ini…
Kalo lo gak pernah belajar apapun dari kesalahan lo, dan selalu merasa lo yang paling benar,
maka lo hanya akan bertambah tua, tanpa bertambah dewasa….
Saya : (Terdiam)-> mode jengkel: ON

Akhirnya saya memahami apa yang dimaksud evan saat itu. Memang, kedewasaan seseorang tidak dapat dilihat dari seberapa tua usianya, namun lebih kepada bagaimana ia bersikap, berfikir dan bertindak yang tercermin baik dalam kata-kata, perbuatan maupun tulisan-tulisannya…

Pelajaran hari ini: Saya masih harus belajar untuk menjadi dewasa, menghargai orang lain dan bertindak “cerdas” dalam menjalani hidup ini. Karena tua belum tentu dewasa….

4 Responses

  1. jadi bos sekarang dah dewasa apa udah tua nih???

  2. Belum dua2nya bos sugeng… hehehehe…. masih terus belajar… thanks for your comment… btw, good luck with your future endeavor…

  3. Hihihi…
    Dulunya emosian banget yak?
    Syukurlah sekarang sudah dewasa.

    GBU

  4. […] Sehingga, saya ingin menekankan pada diri saya sendiri, untuk terus belajar dari kesalahan masa lalu, dan berusaha memperbaikinya di masa yang akan datang. Karena usia dan dewasa -pada beberapa orang- terkadang tidak selalu berjalan linier. (baca : Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan….) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: